Sunday, June 19, 2011

Surviving in Oz

Ok . . . maybe gw kangen belakangan ama hidup gw setahun lalu di ozzy . . . sampe bikin blog kedua dalam beberapa hari ini tentang oz. Hanya saja . . . daripada mendem aja di otak, gw pikir ditulis aja, daripada ada ide bagus tapi malah g dipublish. Keburu jadi fosil di utekku nanti :p
Eniwei, its all bout what made me survived in Ozzy. Well, pastinya beda2 tiap orang, but then again, its just an illustration of I could do back then during those 2 years. Lets see . . .

1. Yahoo Messenger
First things first, gw harus berterima kasih ama di sopwer. Tanpa ini, bisa jadi gw bakal malah membusuk ato berevolusi jadi orang aborijin. Karena adanya ini, gw bisa tetep keep in touch ama temen2 n keluarga gw di ozzy. Di ozzy pun, adanya ini bisa membuat gw lebih leluasa ngebahas soal di kala g bisa kopdar karena hal2 lain. Dan 1 lagi yg gw suka . . . pake YM pu bisa disambi dengan ngerjain tugas (kcuali emang bener2 butuh konsen lho yo :p). Bener2 gw harus bersyukur dah ada sopwer ini. Really can’t imagine life would be without n

2. Internet
Tentu kalo pengen bisa YM-an, harus ada inet :p. Tapi terlepas dari YM, inet sendiri juga memainkan peran signifikan dalam upaya gw bertahan hidup. Gw masih inget hari2 pertama gw disana tanpa adanya koneksi, sumpah . . . . hambar nan hampa! Masih untung ada warnet yg bisa gw datangin sampe saat gw subscribe koneksi. Selain gw bisa update dengan berita2 n memudahkan dikala harus ngerjain tugas, yang paling gw suka adalah bandwithnya yg melimpah ruah !!. Ngga’ punya kampus, kos2an atopun pribadi, sumpeh . . . . 2 tahun gw jadi bandwith monster dan tak terhitung brapa banyak DVD yang gw hasilkan tuk backup data2 yang dah gw donlot . . . mulai dari BoA, laruku, manga, anime sampe drama. Just imagine . . .unlimited di kos, 7gb pribadi n 1 gb di kampus (sempet unlimited c dulunya :p). Sungguh . . . . masa2 indah yang entah kan terulang lagi . . . . .

3. Pecel
Panganan ndeso nan ngangeni >:D< . Resep pertama yang gw bawa dari Indonesia dan bahkan sempet pula bikin gw batal masuk ozzy gara2 dipermasalahkan ama petugas imigrasi :)). Begitu yg dari indo dah habis, alhamdulillah ternyata disini pun banyak yang jual bumbu pecel. Dan yang bikin gw semakin bangga . . . . itu bumbu bikinan MALANG!!! Subhanallah . . . . jan hidup AREMA . . . g kemana2 ada dimana yeahh !!! Eniwei. Mangan lecep iki jan nggarakno awak iki rasane koyo mulih kampung ae, muantap vokoke :D

4. Casual Work
Okay . . . to be honest, walo kliatan capek, gw saranin banget tuk bisa kerja di luar. Emang sih bakal harus pinter2 ngatur waktu, tenaga n pikiran dengan kuliah kita. But trust me, the benefits are way bigger if you are able to manage things properly. Yang pasti dapet uang saku tambahan dan tabungan kalo dah pulang nanti. Tapi selain itu itu juga akan membuka wawasan n melatih mental kita dalam menghadapi hidup coi ;), Belum juga hal2 positif lain seperti menambah kenalan n koneksi seruta memperlacar bahasa inggris. Banyak deh, its obviously worth the effort :D.

5. Get engaged with national organizations

Ini bisa lewat PPI atao sejenisnya. Yang jelas cari teman sebangsalah. Bukannya apa, walo emang dianjurkan memperbanyak kenalan2 asing mumpung di nagri, jangan ampe ngelupain ama teman dari negoro dewe. Selain udah klop dari segi bahasa, urusan2 tetek bengek biasanya jadi lebih cincai, dari kos2an, hang out sampe common interest. Syukur2 emang kalo ampe aktif di organisasi. Tapi kalo engga pun its not problem. Tapi paling g harus punya lah beberapa teman sebangsa yang bisa dikontek kalo2 ada apa2

6. Personal Skills

Yang ini emang agak rancu, tapi dalam hal ini, maksud jelas gw adalah try to do things yourself. Bukannya mencabut diri kita dari berbagai interaksi sosial yang memang mempermudah hidup kita. Tapi sebelum ke arah sana, ngga ada salahnya pabila kita mencoba mencoba menyelesaikan tantangan yang ada di depan kita alias MANDIRI!! Ini bisa dari segi belajar, bertransportasi, makan ataupun hal2 lain. Emang sih bakal kluar banyak usaha n dana. But believe me, every thing is worth it as it’ll enrich our self capability and confidence. Bukannya apa, soalnya di negeri kita yang cenderung semua ada n bisa minta tolong orang lain tuk ngerjain, di LN kondisinya bertola belakang. Kalopun ada yng bisa seperti di negeri sendiri, itupun biasanya g semua mau atao imbalannya besar. As they say. . . there’ aint’ free lunch :). For me personallym the things i was able to learn autodically was things such as cooking, repairing my bicycle, DIY stuffs and commuting alone B-).

I guess there’s loads left, but these six are the basics that I thingss have saved me from those times. If possible, might add some later on in a same title or even different one. Lets see later on . . . jya ne :).

No comments:

Post a Comment