Monday, December 15, 2008

Unlucky Flood

Kenapa aq nulis ini…simple….aq masih nggumun gara2 kejebak banjir terparah yang kotaku pernah rasakan…..

Can you imagine….stuck 3 hours just because you’ve got all major intersections at Malang totally flooded at the height of an adults chests??Sounds crazy since Malang is a city at high levels….but there it is….Malang got Flooded yesterday!!!

I’m not gonna talk about the flood itself…but I’m more interested in how it could have suffered from flood. Well everyone…as you know…Malang has gone some rapid development over the past 10 years lately. But the problem is….semua pembangunan itu tidak disertai dengan perencanaan yang matang dan konsisten terhadap tata ruang dan peruntukan tempat yang seharusnya dan sepantasnya.

Mengapa aq menambahkan kata2 sepantasnya??Sekarang mari kita berpikir dan mengamati….First…Mall MATOS…mall yang digadang2 sebagai mall terbesar kedua d Jatim (demikian promosinya dulu) ternyata bersebelahan dengan kuburan!!!!Sudah gitu…..mall ini letaknya di deket tempat2 pendidikan. Engga matching bangetssss!!!!!And what do you get as a bonus with that new mall…..it roads in front always gets flooded.

Second….MOG….tidak hanya menyebabkan alur lalin d jalan kawi tambah sempit gara2 ada pembatas jalan baru….tapi mall ini juga memangkas tempat2 olahraga bagi warga malang dan lahan2 hijau disekitarnya….and also certainly…..menyebabkan banjir di jalan kawi-nya!!!!

Menjamurnya ruko2….emang sih….tempat berdagang itu penting…tapi bagiku….pertumbuhan ruko2 di malang bener2 sudah diluar batas kewajaran….apa kita emang butuh hadirnya banyak ruko?Kalopun iya….kenapa ujung2nya ruko2 itu malah yg dapat orang2 kaya?Melihat fenomena ini, saya kadang terheran dengan fakta bahwa orang2 mampu masih aja sempet dapet tempat berusaha….tapi para PKL 2 d jalan2 harus bahu membahu mempertahankan eksistensinya dari kejaran tramtb setiap ada penggrebekan…singkat kata….PKL2 lbih layak membutuhkan tempat2 usaha yang permanen bagi mereka daripada ruko2 yang seringkali menggusur lahan2 hijau d kota.

Ah..entahlah…keluh kesahku akan perubahan2 negatif d kotaku engga bakalan berhenti. Namun demikian….aq senantiasa berharap kota ini bias kembali menjadi kota asri nan sejuk sebagaimana dulu dikenal oleh orang2 zaman dulu….masa dimana pagi hari masih berkabut….masa ketika pagi hari masih dingin….dan masa ketika kota ini engga pernah mengalami banjir….amin;)

1 comment: