Wednesday, February 07, 2007

Banjir.........BAAAHHHHH!!!! (Dibaca : Biarkan!!!!)

Hhuuuuuaaaaaaahhhhh, nguantuk nih. Agak maksa nih nulis blog, habisnya banyak hal2 menarik yang perlu gw bahas. Tenang aja, bukan tentang hidup gw yang bosen ini kok, lebih seru dan juga hueboohhhh. Apa itu????Liata aja judulnya.

Yup, Indonesia harus gw akui sedang dilanda musibah dan bencana berkelanjutan. Belum hilang peristiwa tenggelamnya KM Senopati di laut jawa dan nyungsepnya pesawat Adam Air di sekita laut Sulawesi serta anjloknya berbagai kereta api di tanah air ini, eh ternyata......terjadi banjir yang hebat. Ngga tanggung2, yang kena paling parah adalah ibukota sendiri yakni jakarta. Sekarang kota ini jadi lebih mirip kubangan air raksasa kalo dilihat dari atas. Pokoke pangling dah.

Kadang gw ampe heran sendiri, kok Indonesia banyak amet ya dapet musibah. Ada aja kasusnya, baik yang bersifat menular, yang kecelakaan murni ampe yang bau-bau human error. Kalo Irak katanya dijuluki negeri 1001 malam, gw sekarang mau njulukin Indonesia negeri 1001 musibah. Bedanya disini ngga da perang kaya di irak aja. Bahkan kalo mau gw urut rasanya bisa2 berita di koran bisa nutupi semua jatah halaman yang ada. Ya...iseng2 aja gw daftarin musibah dan kecelakaan yang mungkin terjadi di republik ini dan ternyata emang mendukung hipotesa gw tentang negeri 1001 musibah. Ini daftarnya....

Tanah Longsor, Gunung Meletus, Banjir bandang, Tsunami, Banjir Lumpur, Gempa Bumi, Pesawat jatuh, kereta anjlok, kapal tenggelam, Flu Burung, Demam Berdarah

Banyak juga ya rupanya. Bahkan list ini masih bisa ditambah andaikan terjadi bom meledak lagi kaya di bali ato di kuningan. Kalo emang beneran kaya gini. suerrrr.....lengkap dah negeri ini deritanya.

Ngeliat keadaan yang sedemikian parah, ya gw sebagai manusia yang pengen mutu hidup dan kehidupan gw lebih baik juga turut prihatin. Tapi biar ngga ampe strezz banget gw akali dengan joke2 seger dalam hidup gw. Sebagai contoh, pernahkah kita berpikir kenapa banjir kiriman selalu melanda jakarta???Gampang!!!!!Namanya juga banjir KIRIMAN, KIRIMAN JEKKK!! ya yang namanya kiriman mana mungkin kita tolak, bener ngga??yang bisa ya cuma nerima aja. Makanya Jakarta selalu kena banjir. Terus pernahkah kepikiran kenapa jika terjadi banjir bah di jakarta para pejabat kok cuek banget??Namanya juga banjir bah....ba bah, yang dalam bahasa jawa biarkan saja!!Make sense kalo rasa peduli pejabat ngga ada coz mereka saja sudah menamai banjir dengan banjir bah!!! So Be It mungkin kata mereka...

Lucunya lagi, ngeliat jakarta yang sedemikian ruwet karena banjir, tiba2 gw denger berita yang menyatakan SBY setuju untuk membuka pintu air manggarai agar air dapat mengalir dengan risiko istana juga kena banjir. Nahh ini dia....sebab musabab banjir pikir gw. Lha pintu air manggarai aja ngga dibuka, makanya nggarai banjir di jakarta (manggarai = tadi menyebabkan dalam bhs jawa).Secara singkatnya, rupanya akar masalahnya dipelihara ma kota itu sendiri sehingga senantiasa menyebabkan banjir.

GW tebak, andaikata bung karno melihat hal ini, paling2 dia bakal nyuruh ibukota pindah kembali ke Yogyakarta kaya jaman perang kemerdekaan dulu. Kalopun pindah sih gw setuju aja. Lagian kalo gw bilang, yang namanya ibukota ngga selalu harus merupakan pusat segala2nya di republik ini. Pusat2 seharusnya disebar ke seluruh Indonesia, sekalian perataan pembangunan. Kalo ngga gitu sekali kena musibah gede ya kena semua, contohnya ya banjir ini nih.

Tapi andaikan.....andaikan ibukota jadi pindah karena banjir ini (maksa banget ya...^^;) gw usulkan pindah aja ke Malang!Kok malang??Banyak alasannya kok. DI Bandung....banyak sampah, di Yogya....dah pernah (gantian doonk), Di Semarang.....terlalu bukit, Di Surabaya.....panas rekkk,lagian ntar kalo bangun istana bisa2 dijarah bonek2. Nah, paling cocok ya di Malang. Belum rame, relatif sejuk, ramah dan aman. Kenapa gw bilang aman, coz setau gw seumur-umur republik ini, ngga pernah ada bom yang meledak di Malang, atau ada serangan teroris segala. Ada juga terorisnya malah ketangkap di Batu 2 tahun lalu. So, i think Malang does fit to be a capital...who knows sometimes......

Namun demikian, kalopun jadi Jakarta tenggelem oleh air, janganlah bersedih, gw punya usul yang lebih realistis juga. Jadikan aja Jakarta kota air macam kota Venezia. Keren tuh!!!!No polution at all juga tentunya. Asik2 aja kalo gw bilang kaya gini. Malah unik pula coz jadi kota air terbesar bisa2 nantinya.

Last but not least, dari segi klenik dan gaib pun bisa dikaji banjir kali ini menurut gw. Inget2 kalo di porong khan pada kena banjir lumpur selama hampir 1 tahun ini. Nah, bisa jadi mereka pada berdoa gini "....YA Allah, berikan hambamu ini teman dalam menjalani penderitaan ini....". Nah kali2 aja yang ketiban "rejeki" ini adalah kota Jakarta. Kurang apa coba, yang ngedoain aja kyai, ustadz, belum para bonek2....so, lumayan manjur khan??!!

Inget porong inget lumpur. Inget lumpur inget kuala lumpur ibukota malaysia. Nah, kurang hebat lagi apa coba. Indonesia aja punya 2 ibukota, belum jakarta statusnya sekarang sebagai kota air bak Venezia, apa gw julukin Indonesia sebagai kota Internasional aja ya???Banyak yang bisa diplesetin jadi kota2 terkenal di nagri, ex: Milan-Malang, Jerman-Jejer Kauman dll.

Dah ah, capek nih, semoga bangun besok banjirnya dah surut, kasian yang pada kena tuh, sorooooo urip e.....

No comments:

Post a Comment