Tuesday, April 17, 2007

Ouuucchhh.....It Hurts!!!

Pernah negerasa bahwa kita sebagai manusia yang seharusnya diperlakukan secra manusiawi dan bermartabat tapi malah diperlakukan seperti benda mati?? Well, if u haven't...pasti u bakal kaget ngeliat berita2 di koran dalam seminggu ini. What's it ist???Itu looohhhhh....Kasus kematian praja di IPDN (lagi......).

Oficially, it's the third case since 2000....ingat..."resminya" coz konon sih dah banyak bangeettt yang mati tapi ditutupi. Tapi seperti pepatah, bau busuk lama kelamaan pasti tercium juga. Tapi yang bikin gw salut sepertinya bangsa ini jago dalam hal menutupi kasus2 semacam ini. Buktinya dibutuhkan 6 tahun sejak kasus resmi yang pertama untuk membuat pemeritah melek agar mau mereformasi institut penghasil camat ini.

Gencarnya berita2 tentang IPDN membuat gw berpikir....kok bisa....tempat pembinaan calon2 pemimpin bangsa malah diperlakukan seperti itu. Katanya sih mengadopsi cara militer. Tapi kalo gw bilang malah lebih sadis tuh. Entah disebut apa lagi kalo bukan cara militer....??Jelasnya kalo diperlakukan kaya gitu gw ngga bakal kaget kalo mentalitas birokrasi di Indonesia ngga pernah bisa jadi baik kalo dari awal dah disiksa kaya begitu. Wajar kalo dah pada kerja mikirnya kaco...mulai dari nilep uang rakyat....nyiksa rakyat...dan melonco rakyat....padahal.....yang diminta dari mereka cuma satu ...melayani...!!!

Ngeliat calon2 camat itu diperlakukan kaya gitu...gw sempet berpikir....wah....mendingan masuk militer deh.....masih dapat megang senjata...kalo Indonesia beruntung malah bisa ikutan nerbangin F-22 atopu F-35. Jelasnya...kalo ada orang jahat bisa ikutan tembak-tembakan ala counter strike.....singkat kata you'll get to be a hero. Jadi calon camat...????Moohhhh ahhh!!Bisa2 pulang balik nama.....or even worst....

The truth is for me....the education here sucks!!!The method specifically. Rasanya masuk ngga tambah pinter malah tambah rusak...semua segi tentunya.Ketika sekolah diharapkan menghasilkan bibit tunas bangsa malah seringkali dikorbankan atau layu duluan hanya karena segelintir oknum atu juga kebijakan yang membuat mereka malah ngga maju2.....

Coba cek diluar kasus IPDN...yakni anak2 SMA yang akan menjalani UAN mereka dalam jangka waktu dekat. Kasian juga belajar susah2 3 tahun kalo ternyata nasib kelulusan hanya ditentukan melalui 3 pelajaran mendasar dalam 3 hari. SO.....dengan kata lain ....rugi milih IPA ato IPS kalo yang diuji samaaaaaaa ajaaaaa!!Padahal kadang2....milih masuk IPA ato IPS dah bikin ribet...eh..ini malah keribetan itu terasa sia-sia kembali kalo hanya diuji 3 mata pelajaran mendasar.

Secara keseluruhan..... pendidikan disini ngga akan pernah bisa menghasilkan calon2 sepeti Gandhi....Einstein....ato juga Stephen Hawking kalo kerjaannya tiap hari diplonco ato dididik dengan kurikulum yang ngga jelas. Jadi perfikir....apa arti pendidikan?????Kan seharusnya mencerdaskan kehidupan rakyat....tapi selama ini hal ini sekadar jargon belaka.....kapan bisa maju di 2030 nanti....????


Wallahu'alam Bissowab......



PS : .....Hasil renungan pribadi atas penderitaan seluruh siswa2 calon pemimpin negeri yang sedang tersiksa oleh sistem pendidikan di sini.....


No comments:

Post a Comment