Sunday, September 16, 2007

Failed Project....

Puasa telah berjalan beberapa hari. Sejauh ini, keadaan masih lancar-lancar saja bak bisa Patas melaju di jalan tol.

Namun demikian, mengisi hari selama berpuasa ternyata juga ada dilema tersendiri. Bukannya ngga bisa ngapain tapi lebih tepatnya harus pinter mengatur tenaga biar nngelakuin aktivitas ngga keburu K.O duluan karena kehabisan tenaga.

Bicara masalah ngisi waktu puasa, ya gw sih ngelakuin hal-hal biasai sejauh ini minus olahraga. Soalnya aku masih perlu membiasakan stamina tuk beberapa hari pertama. Insya Allah minggu depan dah bisa mulai kembali kegiatan joggingny. Tentunta waktunya harus disesuaikan pas sore hari biar ngga jauh2 amat dengan waktu buka.

Anyway, aku ngelakuin suatu kegiatan baru dan ngga lazim kemaren tuk ngisi waktu yakni masak. Yup....masak....lha kok bisa. Berawal dari mimpi indah si chandra yang tau2 nyeletuk tuk nyoba masak. Menunya dia pilih sendiri dari kumpulan daftar resep yang ada di kompie. DAh gw saranin biar masak yang simpel-simpel aja, ngga usah yang bombastis amat menunya, tapi dia bersikeras biar rasanya lebih "beda" dari biasanya.

And so, siangnya kita meluncur tuk belanja di Hypermart MATOS. Berhubung hari sabtu, pastilah rame. Dan karena puasa...tambah rame pula. Entah kenapa aku punya feeling kalo puasa acara belanja kok jauh lebih nikmat ya???kembali ke cerita, ya sampai disana aku ma chandra segera nyari bahan2 yang dibutuhkan. Sayangnya ngga semua bisa terbeli. Terutama keju mozzarella yang harga duuuhh...90.oooan!gila...ternyata nih barang masih mahal aja. Akhirnya diputuskan tuk digantikan dengan keju cheddar yang lebih murah. Semua terkumpul dan tinggal ngantrilah di kasir sepanjang 1 kilo eh 4 meter saking ramenya tuh hypermart.

Sorenya...acara dimulai. Dngan bekal laptop yang nampilin resepnya dilayar, chandra mulai masak dengan merebus brokolinya. Aku baru bisa nyusul beberapa menit setelah gara2 harus nyiram kembang di taman. Selesai nyiram, gw segera bantu chnadra ngerebus bakso ma nggoreng bawang bombay yang dah jadi. Nah dari sini...sepertinya tragedi bermula...

Bakso dipake karena ngga ada daging. Namun di resep tertulis pake ditaburi tepung segala. Pikiran gw sih nih tepung buat daging. TApi entah kenapa ngga ada daging tapi tepungnya tetap aja dimasukin. Dah gitu, pas susunya ikut ditambahin kok jadinya seperti adonan kenyal yang uanehh bentuknya. Kayanya gara2 apinya kepanasan n bahan2 lainnya ngga langsung dicampur seketika tapi satu2.Berikutnya....nyampur bahan2 dengan brokoli di wajan yang tersedia. Ini sih gampang, yang susah tuh pas nyalain oven. Gara2 ngga berpengalaman jadinya pada bingung bareng...nh oven dah nyala belum. Baru beberapa menit kemudian dipastikan telah nyala gara2 panasnya yang menyengat.

Beberapa menit kemudian selesai. Dan selesainya pun juga bertepatan dengan azan maghrib. Setelah berbuka....si chandra dapat kehormatan tuk mencicipinya. HAsilnya...katanya sih enak. Sip deh pikirku. Namun setelah beberapa sendok rupanya raut wajahnya menunjukkan suatu keanehan. Ternyata dia bilang kejunya bikin cepat "blenger". Ah masa pikir gw. Gw langsung aja nyoba makan ma nasi yang tersedia....hasilnya...Yummy di awal.....wuekkkssss di akhir....Ternyata kesimpulan gw sama....kebanyakan kejuuu!!!!

Selesai makan, kami melakukan dikit introspeksi dan kajian mendalam. Harusnya memang kejunya di bagian atas ngga perlu ditambahi. JUga tepungnya ngga perlu coz adonannya jadinya uaaaneeehhh bentuk ngga karu-karuan. Kalopun ada yang bikin enak adalah adanya brokoli. Tapi itupun menurut gw kurang banyak. Andaikata agak banyak dikit aja.....pasti paling bisa nutupi rasa kejunya yang wowwww banyaknya.

Aaahhhh...proyek pertama gagal. Moga2 aja berikutnya ngga gagal lagi. Kali lain mau nyoba yang lebih simpel dan beradab menunya. Ngga menu yang aneh2 plus mahal harganya. Ngomong2 masalah resep yang kubuat, namanya sih brokoli saus putih, tapi jadinya malah brokoli with tooooooo much of a cheeessseeee.....Sumpah...rasanya baru kali ini aku merasa kaya keracunan keju. Padahal aku termasuk penggemar keju. Anyway, here's some tips biar ngga gagal..

1. Improvisasi bahan diperbolehkan....tapi kenali juga ciri2 dari masing2 bahan biar ngga uaneh rasanya.
2. Mulailah dari menu yang simpel dan lebih beradab bagi kebudayaan kita.
3. Start with a menu that is more friendly towards your wallet.

Ah cukupan ah....bahkan ampe sekarang....sisa brokoli semalam masih menghantui perutku ini.....

No comments:

Post a Comment