Saturday, March 03, 2007

Movie Review : Kamen Rider Kabuto "God Speed Love"

Satu lagi movie keluar untuk seri kamen rider baru tiap tahunnya. Movie kali ini menjadi movie kamen rider yang kelima semenjak kamen rider agito memunculkan filmnya pada tahun 2001 lalu. Kali ini filmnya juga terasa lebih spesial karena serinya sendiri merupakan seri peringatan kamen rider yang ke-35, cukup tua juga nih. So baik di seri maupun filmnya, banyak aspek2 yang kembali dimunculkan dari beberapa seri2 sebelumnya. Ok..langsung aja reviewnya...

Storyline : Sebagaimana film2 kamen rider selama 5 tahun terakhir, versi movie kali ini juga menampilkan suatu cerita alternatif dari versi serinya. Kalo biasanya diangkat alternatif ending atau alternatif timeline maka kali ini yang diangkat adalah suatu alternatif beginning and ending. Kalo gw bilang, adanya2 cerita2 alternatif ini bisa menguntungkan dan bisa merugikan, tergantung bobot cerita itu sendiri. Tapi secara umum kalo gw bilang sih film2 kamen rider yang selama ini beredar selalu punya satu kelemahan, yakni durasinya sering kurang panjang sehingga ngga sebanding dengan cerita yang ingin disampaikan. Padahal beberapa malah lebih bagus dari versi serinya, termasuk film "God Speed Love" ini.

Acting : Film baru, maka sebagaimana biasanya....muncul kamen rider baru pula. Kali ini muncul 3 kamen rider baru yaknio hercus, ketaros dan kaukasus. Adanya kamen rider baru sih sebetulnya asik2 aja, namun kenapa kecenderungannya kok hanya sekedar numpang nampang doank. Dengan kata lain porsi aktingnya kok dikit banget. Malah kadang cuma jadi pelengkap derita bagi kamen rider utama belaka. Di film ini malah tambah kerasa coz di serinya sendiri kamen ridernya dah banyak yakni lima, eh malah ketambahan 5 lagi. Andaikata diimbangi ma lama durasi dan ceritanya sendiri bakalan kerasa peran dari ke-3 kamen rider tambahan ini.

Effects : Kalo tuk efek gimana yaaa.....so so aja tuh. Sebetulnya tuk adegan di bumi bagus sih, terutama yang di area padang pasirnya. Tapi pas pindah ke adegan di ruang angkasa kok jadi kerasa hambar ya???Setting pertarungannya juga keliatan banget kalo disana sini tempelan. Kaya perlu niru hollywood nih.

Hikmah :

Sebagaimana judulnya, ceritanya berpusat pada 3 tokoh yakni tendou, kagami dan hiyori. Cinta diantara 3 tokoh ini sama tapi berbeda yakni tendou dengan hiyori merupakan cinta kakak beradik sedangkan antara kagami dan hiyori merupakan cinta sepasang kekasih. Tendou dan kagami berdua mengalami kesedihan ketika mendapati hiyori menderita penyakit yang tak tersembuhkan. Padahal tuk tendou sendiri, dia baru bertemu dengan adiknya yang telah lama terpisah dari dirinya. Tendou sendiri akhirnya bisa membuktikan bahwa cintanya lebih besar dengan menyelamatkan bumi agar hiyori dapat hidup kembali dengan melakukan perjalanan waktu. Patut dicatat bahwa peran tendou disani rupanya lebih ekspresif dan emosional dibandingkan di serinya.

Hal lain di film ini adalah mengenai pertarungan ambisi dan pengkhianatan yag terjadi terutama antara personel di ZECT dan NEO ZECT. NEO ZECT sendiri ternyata disusupi oleh seorang pengkhianta yang ironisnya malah dikhianati balik oleh organisasi asalnya. Juga bagaimana kamen rider kaukasus disini bertarung semata-mata hanya demi kesenangan pribadi tanpa memperdulikan musuh-musuhnya. Kalo gw bilang sih yang kematiannya paling disayangkan adalah kematian ketaros dan kematian yang paling konyol yakni bagi drake dan hercus.

No comments:

Post a Comment