Saturday, March 17, 2007

Prelude 2 End

AAhhhhhhhh...ketemu lagi,a week it has been, luckily i've made some important progress this far.

Lama nggarap akhirnya salah satu bagian kritis dari usahaku untuk mengakhiri hidup di kampus telah selesai, yakni nggarap bab 4 dari skripsiku. Sebetulnya aq agak heran, kok bisa ya secepat ini selesai. Bukannya gw nggarap asal2an, tapi kok ada suatu inspirasi dan kemudahan yang menyertaiku ketika berusaha menyelesaikan ini.

Seperti yang udah gw ceritain sebelumnya, jadwal skripsi gw dah bener2 behind schedule gara2 gw sempet kena gejala tipus. Perlu waktu sekitar 2 minggu tuk membuat badan gw bener2 siap tuk dipake mikir. Bicara masalah behind schedule, gw sudah lupa ini yang keberapa, yang jelas dah jauuuhhhhh meleset dari jadwal aslinya.

Plan awal gw, pertama kali yakni gw mentargetkan pebruari kemaren dah bisa kompre. Itu dengan perhitungan akhir desember selesai ngurus masalah penelitian dan membuat laporannya. Namun ya apa daya, rupanya ada kesalahan fatal di metpen sehingga harus ngulang. Duuhh...jadinya kerja keras selama bulan september-november hampir aja kebuang sia-sia. Ya untungnya sih ngga semua, namun cukup membuatku repot tuk kembali mempelajari metpen kualitatif. Padahal sebelumnya dah lumayan dibikin pintang panting belajar yang kuantitatif.

Walhasil, selama bulan januari gw bener2 ngebut tuk membenahi bab 1-3 ku yang terlanjur berbau kuantitatif. Pengennya sih nanya dulu ke empunya pembimbing tapi kalo2 dipikir-pikir malah bisa2 tambah lama aja. Ya udah tancap gazz!!Langsung aja gw putuskan tuk memulai penelitian.

Masalah timbul ketika gw mulai coz rupanya anak2 lagi musim liburan. Duh (lagi).....untung masih ada beberapa anak2 berseliweran pas masa daftar ulang sehingga bisa kuwawancarai. Tuk masalah wawancara sih, gw sendiri ngga begitu yakin apa dah bener2 mencukupi, tapi gw cukupkan dulu tuk sementara. Lagian dasarnya kualitatif emang ngga ada patokan baku tuk masalah batas responden sih.

And,gw ngga kena gejala tipus deh, seharusnya bisa selesai akhir pebruari ato awal maret. But...wacckkss!!kena sakit lagi deh. But alhamdulillah dah sembuh sekarang, tinggal bener2 meulihkan stamina yang sempet ilang. So segera aq memulai pekerjaan yang telah tertunda 2 minggu. Sengaja gw buat sesistematis mungkin kerja gw agar ngga mengganggu acar gw yang lainnya. Hiburan2 lainnya yang gw rasa menyita waktu gw tunda dulu, just saving the best for last. Jadi langsung masuk gear 6 deh pas nggarap. Awalnya sih ada kekhawatiran kalo tuk masalah analisa bakal lebih sulit, tapi entah kenapa gw merasa bener2 mudah n lancar dalam pengerjaannya. Padahal bagian analisa bener2 butuh pemelintiran kosa kata dan tata bahasa yang bener2 njelimet, tapi ajaib tuk akhirnya, bisa selesai hanya dalam waktu 4 hari !!

So...at least i deserve a reward, so langsung deh minjem VCD anime n minjem komik secara gendeng2an. Ya emang sih, belum bisa dikatakan bener2 selesai, coz i need to patch up some stuffs in chapter 2. Rupanya gw belum ngejelasin masalah mahasiswa dalam teorinya. Tapi gw dah megang bahannya, tinggal ngetik aja. Tuk kerjaan gw yang bab 4 itu, gw putuskan tuk minta tolong denok n nandar tuk mereviewnya. Harapan gw biar gw tau mana bug2 n kesalahan yang perlu diperbaiki. Gw juga plan tuk minta tolong ayah tuk turut mereview, biar ada cita rasa dosen dalam review kali ini. Dengan demikian gw bisa bener2 mantap n yakin pas menghadap dosen gw.

Speaking of dosen...he..he..dah berapa bulan ngga ketemu ya.....???September ampe Maret.....wahh....dah 6 bulan tuh alias setengah tahun. Bukannya ngga mau ketemu, lha mau ketemu gimana lha wong pas ngomongnya ketemu pas bab 3 eh malah nyuruh neyelsain ampe selesai. Ya jadinya kaya gini,siapa sutuh juga kaya gitu. Harapan gw ya atleast kasih dikit saran2 ato apalah tuk mengkritik skripsi gw. Jangan malah suruh langsung ujian. Walo akhirnya kaya gini pun ya gw sih dah siap, coz gw dah prepare for the worst semenjak tau dosen pembimbing gw itu dia. Moga2 aja lancar...amiiiinnn!!!

No comments:

Post a Comment