Friday, March 23, 2007

Series Review : Kamen Rider Kabuto

Akhirnya, selesai juga seri ini. Sebetulnya dah lama pengen nulis reviewnya tapi baru kesampaian sekarang. Dan sebagaimana seri-seri lainnya, tentunya seri ini juga punya ups adn downs-nya sendiri. Anyway, here's the review

Story >>> 4 dari 5

Awalnya aq menganggap remeh seri ini. Walo dibumbui embel-embel dalam rangka 35 tahun kamen rider, rasanya belum tertarik. Baru setelah baca reviewnya di animonster jadi nyoba ngeliat seri ini, n ternyata lumayan menarik juga. Ceritanya sendiri kalo gw bilang mirip2 ma Kamen Rider Faiz, coz berjalan lambat n penuh misteri....yaaaa...untungnya ngga selambat Faiz

Ceritanya sendiri mampu tuk membuat gw setidaknya n adik2ku sampai menebak-nebak bagaimana akhir ceritanya. Aq awalnya lumayan khwatir tentang banyaknya kamen rider yang muncul, sekitar 8 klo ngga salah, tapi untung bisa membangun cerita yang baik, walo harus mengorbankan peran bagi beberapa kamen rider. Kalo gw sih idealnya kamen rider jangan lebih dari empat deh. Dari pengalamanku kalo lebih dari ini malah ngga fokus ceritanya kaya di Ryuuki n Hibiki.

Kenapa gw ngga ngasih angka sempurna tuk story-nya tidak lain karena endingnya sendiri berjalan diluar dugaan gw. Boss terakhir baru diperkenalkan pada episode 47. Lambat banget, dah gitu lumayan ngglethek bagi gw. Andaikata diperkenalkan lebih awal mungkin bisa lebih seru endingnya. Tuk endingnya sendiri sih ya cukupan lah. Apalagi dengan boss akhir yang telat diperkenalkan ^^;

Acting >>> 4 dari 5

Wow, rasanya baru kali ini ada tokoh utama yang bisa berlaku sombong sekaligus keren secara bersamaan. Untungnya sih baik hati. Harus gw akui, tokoh Tendou disini lumayan unik. Untuk mengimbanginya, maka ada si Kagami yang walopun baik hati tapi cukup mudah naik darah. Dan tentunya sifatnya yang berlawanan dengan Tendou menjadi bumbu cerita tersendiri.

Ternyata banyaknya kamen rider berpengaruh terhadap bagaimana akting mereka. Kaya Kamen Rider Drake misalnya. Perannya ngga menonjol pada akhirnya. Cuma dapat satu episode paripurna pada episode 37-38 aklo ngga salah. Yang paling melas yakni The-Bee. Sejak Yaguruma make Punch Hopper, perannya malah bener2 ilang. Yang bisa dibilang masih beruntung yakni Sasword. Ini juga dikarenakan dari awal diperlihatkan kalo dari sononya dia tuh worm, jadi dipastikan bakal memainkan peran di akhirnya.

Bagi pasangan kick n punch hopper, gw harus bilang gimana ya???Habisnya sejak kemunculannya rasanya peran mereka amat ngga jelas dan lebih terkesan sebagai gelandangan yang kebutulan dapat zecter belaka. Endingnya sendiri bagi pasangan ini juga nanggung, senanggung peran yang mereka mainkan.

Fiture >>> 5 dari 5

Maksud gw dari fiture adalah sejauh mana seri ini bisa menyampaikan "Rasa Kamen Rider". Habisnya sejak era kamen rider baru dimulai, rasanya banyak banget deh eksperimen dilakukan. Contoh terbaik dalam hal ini adalah seri Ryuuki n Hibiki. Seri Faiz sendiri juga menggabungkan konsep kamen rider dengan jagoan dari seri-seri metal heroes.

Kabuto sendiri kalo gw bilang bisa dikatakan kembali ke rasa seri Faiz, yakni dimana kamen ridernya bernuansa metal. Namun berhubung ini dalam rangka 35 tahun kamen rider, makanya banyak deh yang berusaha dimasukin.Kalo mo teliti, ya lihatlah konsep kabuto. Ini sendiri dah pernah ada di kamen rider stronger n kamen rider blade. Juga konsep double rider yang sebelumnya tenar oleh pasangan ichigo-Nigo kembali hadir lewat pasangan kick n punch hopper.

Tuk Kabuto dan Gattack, gw sendiri ngga bisa bilang mereka double rider murni. Habisnya bentuknya aja dah beda. Tapi menarik tuk diperhatikan dimana yang satu didasarkan dari stag beetle dan satunya dari rhino beetle. Juga jenis sepedanya yang saling berbeda jenis, satunya sepeda balap dan satunya sepeda trail. Keberlawanan ini sepertinya dicocokkan dengan tabiat dan sifat masing2 yang berbeda.

Tapi yang paling menarik perhatian gw adalah banyaknya cameo dari berbagai orang yang pernah menjadi kamen rider dan seri super sentai atopun yang terlibat dalam seri sebelumnya. Mungkin bancakan kali mumpung lagi peringatan 35 tahun ^^ Yaaa...lumayanlah bisa melepas kangen terhadap tokoh-tokoh tersebut.

Akhir kata, kamen rider kabuto kalo gw bilang bisa dikatakan salah satu yang terbaik semenjak zaman Kuuga. Banyaknya unsur2 dari kamen rider sebelumnya baik dari segi cerita, fitur dan peran membuat seri ini lumayan unik n seru. Jangan lupa bagaimana seri ini juga bisa dikatakan sebagai ajang mencari koki terbaik....ha..ha..ha..kaya seri real master cooking ajah!!!


No comments:

Post a Comment