Saturday, January 19, 2008

Drama Review : The Legend (Taewang Sa Shin Gi)


Satu lagi drama korea berbasis sejarah yang gw liat. Secara cerita dan latar sejarah, drama ini bisa dikatakan merupakan lanjutan dari drama Jumong dimana drama ini menceritakan mengenai kehidupan raja ke-19 Goguryeo yang notabene merupakan turunan Jumong. Walopun ada kaitan sejarah, tapi ceritanya sendiri merupakan cerita terpisah dari drama Jumong. Selain yang telah disebutkan diatas, drama ini juga menceritakan mengenai 4 dewa pelindung raja legendaris Jyuushin yang dijanjikan akan hadir dan melayani raja ini untuk mempersatukan seluruh bangsa Korea.

Drama ini diperankan oleh aktor terkenal Bae Yong Jun yang melejit berkat drama Winter Sonata dan Hotelier sebagai raja Damdeok. Juga ada pendatang baru Lee Ji Ah yang memerankan salah satu titisan dewa pelindung dan juga sebagai salah satu love interest tokoh utama. Walo bisa dikatakan berlatar belakang sejarah, tapi cukup banyak unsur mistik yang disertakan seperti adanya 4 dewa pelindung. Selain itu, drama ini juga menyertakan intrik yang cukup dalam dari awal cerita mengenai perebutan simbol 4 dewa tersebut dan pertumpahan darah antar kelompok kerajaan mengenai siapakah titisan raja Jyuushin yang sesunguhnya.

Dari segi akting, bisa saya katakan cukup memuaskan, terutama tuk Lee Ji Ah yang seorang pendatang baru sukses untuk menghayati perannya secara sungguh-sungguh. Juga dari penggunaan efek visual CG yang cukup memukau. Begitu juga pertarungannya yang sangat kolosal. Dari cerita sih secara umum lumayan bagus. Hanya saja menurut gw endingnya cukup ngga jelas karena tidak dijelaskan secara gamblang bagaimana semuanya berakhir dan penuh dengan simbolisme. Hal ini juga diperparah dengan buruknya kualitas terjemahannya dan hasil convert di dvd-nya. Jadinya ngga bisa menikmati secara keseluruhan deh :(.

Anyway, drama ini jika dibandingkan dengan Jumong bisa dikatakan sama serunya kalo ngga lebih baik. Keunggulan drama ini adalah kentalnya suasana intrik dan persaingan serta permainan strategi antar kubu. Tuk cerita cintanya, gw bilang sih biasa2 aja soalnya kurang begitu terasa bagi gw jika dibandingkan Jumong. Tapi secara keseluruhan, lumayan mantap tuk ditonton drama ini. Ngga bakal rugi deh pokoknya. Nilai 4 dari 5 tuk drama ini.

1 comment:

  1. "bisa saya katakan cukup memuaskan, terutama tuk Lee Ji Ah yang seorang pendatang baru sukses untuk menghayati perannya secara sungguh-sungguh" --> tenane??? :D

    ReplyDelete