Friday, January 04, 2008

Movie Review : I Am Legend


Film baru yang dibintangi Will Smith kali ini menurut gw agak beda nuansanya. Biasanya film2 yang dia bintangi cukup ramai. Tapi kali ini nuansa yang diangkat bisa dikatakan cukup sepi dan dalam bagi gw. Peran yang dimainkan adalah Robert Neville, seorang peneliti militer yang merupakan satu2nya orang yang selamat diseluruh kota New York dimana seluruh penduduknya musnah karena suatu virus misterius yang telah memusnahkan sekitar 90% lebih populasi umat manusia di seluruh muka bumi.

Dengan latar belakang demikian, maka akan kita dapati sebagian besar dari isi film merupakan bagaimana upaya dia untuk bertahan hidup ditengah kota yang sunyi senyap akibat sebaran virus. Dialah satu2nya yang selmat karena dia pulalah yang memiliki antibodi yang menyebabkan dia kebal dari virus tersebut. Sehingga dia juga berupaya untuk meneliti dan menciptakan suatu vaksin bagi virus itu selain kegiatan sehari-harinya berburu dan menyebarkan berita mengenai kehadiran dirinya kepada seluruh dunia melalui gelombang radio AM.Segala berubah ketika hadir 2 manusia, 1 wanita dan 1 anak2 ketika Robert tengah melepaskan diri dari serbuan zombie2 hidup yang terkena virus. Dari mereka, Robert dibujuk untuk mengikuti mereka dalam upaya mencari koloni, suatu hal yang dibantah eksistensinya oleh Robert karena keyakinannya bahwa hal itu tidak pernah ada.

Kebanyakan dialognya merupakan pembicaraan Robert dengan anjingnya, dirinya sendiri atau dengan manekin2 yang sepertinya telah diatur sedemikian rupa oleh dirinya. Suatu ha yang menarik bagi gw karena merupakan usaha menjga kewarasannya akibat tiadanya orang lain yang selamat. Tapi tingkat kewarasan ini juga akhirnya sepertinya kalah ketika hadir 2 orang yang mengajak dia mencari koloni. Mengenai 2 orang yang muncul ini, bagi gw tersa misterius banget karena dari segi setting cerita, ngga ada jalan mereka bisa masuk ke pulau Manhattan yang terisolasi dari sisa kota Ney York akibat putusnya berbagai jalan2 penghubung.

Terlepas dari beberapa keanehan, film ini menawarkan suatu kisah yang cukup kelam tapi mendalam maknanya. Bagaimana seseorang sendirian mempertahankan hidupnya dan sekaligus berusaha menciptakan vaksin dari virus yang tengah menyebar. Juga menggambarkan kesendirian yang dia alami akibat terjadinya seluruh peristiwa tersebut. Dan Will Smith kembali membuktikan bahwa dia sukses (at least 2 me) memerankan peran ini dengan penghayatan yang sungguh2. Paling ngga hal inilah yang bisa menutupi jalan cerita yang lumayan misterius dan sepi. I'll give 4 out of 5 4 this one.

No comments:

Post a Comment