Saturday, December 09, 2006

Coligami....eh....poligami!!

Hah..hah.hah...warui, right now i'm kinda suffering from a bit of pain due to the cold temperature that makes me hard to breath.

Dah lama ngga nulis sesuatu yang serius. If I recall correctly, terakhir aq nulis yang serius yakni pas di dua postingan pertama di idul fitri. Pengennya sih tiap nge-post ada seliapan sesuatu yag serius. Tapi ternyata ngga segampang yang kukira, coz butuh inspirasi n suatu macam kaya "...ahaaa..!!" agar bener2 in dalam menulisnya. Thanks a lot, akhirnya ada sesuatu serius yang bisa kutulis sekarang. Walo mungkin agak berat temanya tapi aq kan berusaha tuk menulisnya agar dapat mencerminkan isi hatiku.

Masih baru kok mengenai apa yang aq mo bahas, yakni poligami. Gara2 seorang ustad terkenal di negeri ini nikah lagi, rame deh berita2 dimana-mana, ngga di koran, TV n di internet. Dan seperti yang bakal aq perkirakan, pastinya ada (dan banyak rupanya) pihak2 yang menyatakan ketidaksetujuannya, terutama para aktivis perempuan dan feminisme. Ngga cuma itu saja, tentunya ustad yang bersangkutan juga konon katanya menuai hujatan, cacian dan celaan atas tindakannya menikah lagi. Yaaa, risiko sih kalo menurut gw, hanya saja cukup menarik jadi perhatian coz dulunya dia disanjung-sanjung karena dianggap sebagai figur agamawan yang membawa hawa agama yang moderat dan lebih modern. Namun apa daya citra itu rusak karena dianya yang berpoligami.

Entah kebetulan ato gimana, pada saat yang bersamaan, gencar berita mengenai kasus rekaman porno seorang anggota DPR dengan seorang penyanyi dangdut. Yang seru disini dua berita ini beriringan diberitakan pada saat yang bersamaan. Things are getting hot ketika si penyanyi melakukan road show pada hampir semua channel TV tuk menjelaskan kasusnya namun entah kenapa pasangannya si anggota DPR malah nyungsep ngga jelas kemana rimbanya. Mungkin si penyanyi lebih berani ato gimana. Tapi jelasnya sih ada suatu paradoksisme dalam dua berita yang mirip namun serupa ini.

Menarik tuk dibahas yakni mengenai poligami itu sendiri serta sikap2 yang mengiringi di masyarakat kita. Poligami itu tuh aslinya bukan dari Islam (as far as I know), coz barang ini dah ada sejak zaman baheula. Hanya saja kalo dulu tuh kalo orang dah berpoligami bisa ampe ratusan orang tuh. Maksudnya istrinya bisa bejibun ngga jelas jumlahnya. Nah, ketika Islam turun, dibatasi lah jumlahnya menjadi maksimal empat orang. The problem is, kenapa sih poligami tuh antara ada dan tiada pada setiap zamannya???

Kalo nuruti naluri lelaki, maka samsons berkata seperti ini "...Tolong dekati aku, tolong hampiri aku, tolong jamahi aku...". Maksudnya lelaki emang dasarnya senang pada banyak wanita. Lain lagi kalo dia emang ngga bisa pindah ke lain hati seperti kata mas karton eh katon, berarti dia termasuk cowok2 yang setia hanya mau terikat oleh satu wanita. Ada bukti kuat kok kalo lelaki dari dulu ampe sekarang kan senantiasa mencari wanita lain, tanya aja grup band RATU dengan lagu "lelaki buaya darat", Sheila On 7 dengan "Sephia"-nya dan lain2. Jelas banget kalo lelaki biasanya (coz ngga semua sih) nyari usaha sampingan eh maksud ane ban serep (mereknya apa nih, bridgestone ato michellin ??)

Cuman, tinggal bagaimana naluri tersebut dimanifestasikan or bahasa halusnya bagaimana pengejahwantahannnya??? Makanya Islam ketika turun langsung membatasi maksimal 4, bukannya melarangnya. Coz emang disadari kalo hal2 beginian tuh naluri yang butuh wadah pelampiasan yang sesuai. Dengan demikian makan Islam memberikan suatu wadah akomodasi terhadap hal ini. Yang jadi masalah berikut adalah bagaimana poligami sekarang dan kaitannya dengan Islam yang mempersilakannya.

Kalo gw baca di Qur'an sih sekalian ma terjemahannya, emang ditentukan syarat adil kalo mo berpoligami. Masalahnya definisi adil tuh gimana???nah, pasti beda2 tiap orang. Dan kalo menurut gw, ngga ada manusia yang bisa 100% bisa adil kecuali kanjeng rasulullah SAW. Sepakat ngga??? Nah, kalo manusia awam ngga bisa dil trus kok tetap poligami tuh dibolehin padahal aq yakin yang empunya ngarang Al-Qur'an yakni Allah SWT pasti juga tau kalo manusia ngga bisa adil 100%. Kalo menurut gw itu bukti kasih sayang Allah SWT ama ciptaannya biar ngga bingung dirundung masalah terkait beginian. Kalo emang ngga sanggup ya satu, kalo sanggup yang monggo.

Nah, kalo nuruti adil tuh kalo menurut gw kembali ke pelaksana yang bersangkutan. Coz hanya merekalah yang tau bagaimana tuh adil dalam perpsektif prakteknya secara langsung ato first hand. Kalo yang ngomong2 di depan umum doank jujur aja yakin mereka sendiri ngga bakal bisa merumuskan definisi adil secara memuaskan. Apalagi aq juga tambah yaki coz emang mereka bukan pelaku poligami so mana tau rasanya poligami atopun dimadu, ya ngga??Kalo tanya gw bagaimana adil dalam berpoligami??? Ya bagaimana perhatian terhadap masing2 istri bisa dibagi secara proporsional dan pada waktu dan tempat yang tepat. Gila aja kalo si suami bercumbu ma istri yang keberapa didepan istri lainnya. Itu mah ngga jaga perasaan atuh...

Menarik tuh kita ketahui bahwa rasio pria dan wanita di dunia dari dulu ampe sekarang ternyata ngga pernah bisa 100% 1:1. selalu lebih, malah kalo ngga salah aq pernah denger ampe 1:12 malah, jauh melebihi yang dibatasi oleh Al-Qur'an yakni 1:4. ah, kalo dah gitu, kalo emang kita bener2 memperjuangkan keadilan sejati, kalo kita monogami, trus yag lainnya mo dikemanain????perempuan khan juga haus belaian dan kasih sayang, ntar malah jabali kalo ngga gitu. Ngga mungkin kan sisanya yang ngga ketampung disuruh melacurkan diri jadi PSK ato jadi istri selingkuhan ato istri ngga resmi. Patilah ngga ada pihak manapun yang mau wanita diperlakukan sebagai pelacur juga selingkuhan.

Masalah orang seringkali menutup mata terhadap fakta ini yang kalo nenurut gw dah hukum alam. Seringkali kita menuruti perasaan dan egoisme kita agar pasangan kita (dari sudut pandang perempuan) senantiasa setia hanya pada kita saja dan ngga boleh meleng ke orang lain, apalagi menikahinya...Alangkah indahnya kalo kita mau hidup dengan berbagi dengan orang lain dalam senang maupun susah (Duh....kayanya kok mimpi nih)

Kalo dibilang poligami identik dengan KDRT, kayanya perlu diliat dulu. Rasanya KDRT bisa terjadi dalam rumah tangga yang monomgami juga. Dan kalopun ada KDRT dalam rumah tangga yang poligami, menurut gw tuh laki-nya yang gendeng dalam memperlakukan wanita. Bukan berarti yag salah poligaminya. Lagian banyak tuh yang poligami tapi malah rukun2 dan tambah bahagia. It all depends on how u treat women not as a sexual object but as a friend and partner in life. Kalo takutnya wanita cemburu, yeeee,itu pasti lah. Makanya pinter2 lakinya dalam njaga kelakuan dan sikap bersama istrinya. COba aja tanya ke orang kaya pemilik ayam bakar wong solo (lupa gw namanya...), yo opo carane cek rukun karo bojo2 ne??

End notes, kalo gw ditanya setuju ngga ma poligami ya jelas gw setuju. Coz menurut gw itu solusi yang diberikan ma Allah SWT dalam mengakomodasi naluri ciptaannya. Tapi kalo gw disuruh ngelakuin ya moga2 aja sanggup. Coz gw sendiri ngga yakin bisa. Tapi tetap gw ngedukung yang ngelakuin poligami coz berarti mereka lelaki yang hebat. Coz ada pepatah lama "Bukan lelaki sejati jika tidak sanggup mengayomi banyak wanita". Tentunya banyak wanita batasannya 4 aja, ngga boleh lebih...Oyi..Toh lebih baik daripada zina ngga jelas kaya si anggota DPR yang kayanya sedang bernasib sial. Lagian ya goblok aja ngerekam adegan begituan.

No comments:

Post a Comment