Monday, January 01, 2007

The Last Outpost

It's really been quite a while. Sebenarnya ngga ada maksud ngga ngisi blog lama2. Kaya aq ngga strezz n ngga punya perasaan aja. Hanya saja banyak hal yang terjadi dan rata2 bersifat force majeur so baru bisa sekarang nulis. Iutpun mungkin baru bisa aq up load bareng yang lainnya dalam waktu yang bersamaan agak lama nanti. Why, Nanti bakal aq ceritain.

Kurang lebih dah 10 hari ya. Selama waktu itu mcuh has happened. Walo aq ngga bisa menceritakan semua secara detil, aq kan mencoba meringkas hal2 penting yang terjadi. Pertama2 masalah cuaca. Jelasnya musim hujan dah masuk dan karena hal ini membuat beberapa hal lain jadi really sucks. Terutama tuk urusan cuci sepeda. Bayangkan aja, dah niat2 pada suatu pagi nyuci eh tau2 malamnya dah kotor lagi gara2 siangnya hujan. Emang maka ati tapi mau gimana lagi. Lagian masa mau dibiarin kotor?ngga khan. Bicara masalah hujan jelasnya membuat kita harus pinter2 mengatur jadwal. Jangan sampai ada kegiatan pas huja. Bukannya ngga bisa terlaksana. Hanya saja sepet aja n bikin malas n ngantuk kalo berkegiatan pas hujan. Belum urusannya kalo mau pindah2 tempat. Yang kehujananlah yang basah lah dll.

Bicara masalah ujan jadi inget les bahasa jepang. Finally bisa ikut les setelah sekian tahun memendam niat. Sumpah, aq dah pengen banget les bahasa jepang sejak di singapura, sayangnya baru keturutan sekarang. Sampai kemaren dah berjalan 4 pertemuan dan baru merampungnya pembahasan mengenai huruf hiragana dan percakapan2 sederhana terkait perkenalan dan pertanyaan sederhana. Ada suatu kejadian menarik terkait les ini yaitu ketika aq berangkat les pada jumat sore. Kalo ngga salah tanggal 22. Niat berangkat, walo hujan derez (puoll!!). Rupanya sial aq sore itu coz ngga ada yang datang sama sekali!!.Jadinya terpaksa nunggu disana sekitar 1/2 jam sampai hujan agak mereda. Tapi yang jelas, hujannya bener2 derez sekali. Dan baru selesai sekitar malamnya. Sejak itu gw niatin, kalo ampe hujan derez kaya gitu, mending ngga datang deh gw. Untungnya sejak itu hujannya dah ngga pernah datang sore, tapi malah gantian malamnya. Ada enak dan tidak sih. enaknya yakni kita bisa berkegiatan sepanjang hari tanpa perlu takut hujan. Sebaliknya kalo malam jadi bener2 malas keluar coz hujan turun.Les bahasa jepang sendiri dipuruskan tuk rehat dulu dan baru masuk kembali tanggal 15 januari nanti. Hal ini karena ada UAS di UB selama 2 minggu interval itu.

Other matters??ah ya, itu loh masalah skripsi. Gimana ya ngomongnya??pokoke penuh harapan dan flop. Aq sempetin mampir ke rumah bude ani. Setelah berkonsultasi masalah skripsi aq bulatkan tekadku tuk segera mungkin melakukan uji validitas dan reliabilitas. Plannya sih hari rabu mau mulai nyebar. Kalopun ada yang menghambat niatku yakni urusan printerku yang tambah ngga jelas nasibnya. Tapi itupun masih bisa kuakali pikirku dengan ke rental kompie aja.But, it really didn't turned out as i planned....Masalah muncul rabu paginya. Rupanya ada sesuatu yang harusnya sejak awal bisa kuantisipasi tapi gagal kulakukan. Yakni masalah apakah ada matakuliah etbis di kampus2 lainnya selainnya UB. Dan rupanya ngga ada !!!!Berita awalnya aq dapat dari nugie yang menyatakan di unmuh ngga ada. Segera habis itu aq verifikasi apa di ABM ada pa tidak di websitenya. And, it seemed that they didn't have it too.

Apa dampaknya bagi skripsi gw??Ngga sampai ganti judul api jelasnya banyak berpengaruh. Terutama di bagian variabel dan hipotesa yakni ada beberapa variabel dan hipotesa yag terpaksa aq hapus. Tentunya argumentsi di bab 1 n 2 harus kusesuaikan menghadapi hal ini. Semua hal ini tentunya sempet membuat aq shock selama sehari.Aq bahkan sampai hubungin nandar n denok tuk konsultasi masalah ini. Akhir kata aq putuskan tuk sementara menggunakan 1 hipotesa sisa. Sebetulnya sih ampe sekarang kepikiran apa masih bisa nambah 1 variabel dan hipotesa lagi. Coz jujur aja dengan variabel dan hipotesa yang sisa, aq bener2 ngga yakin bisa mewakili penelitianku secara menyeluruh. Sisa minggu ini jadinya aq pake tuk bolak-balik ke kampus mencari berbagai kemungkinan akan hal tadi.Lets just hope the best for this. Hontou ni, I'm already quite fed up because i'm still stuck right now.

Bicara masalah skripsi tidak lupa bicara tekanan ortu ku padaku. Tentunya tekanan semakin bertambah seiring lamanya waktuku dalam menyelesaikan skripsi. Kali ini tekanan datang baik dari mam dan ayah. Mama malah menyarankan sekalian ganti judul. Sebuah saran yang bombastis emang. Hanya saja aq rasa ngga segampang masalahnya. Banyak hal yang tentunya mengikuti kaya apa bakal disetujui ganti judulku, semakin molornya waktu skripsiku serta menumbuhkan minat. Tuk Yang terakhir ini lah yang paling susah coz bener2 butuh sebuah minat dan niat yang bagus tuk memilih sebuah tema bagi skripsi. Singkat kata, saran mama bener2 ngga bisa kuanggap feasable. Kalo dari ayah. Ngga banyak, hanya saja kaya biasanya ngga ada komentar atau pembicaraan yang bisa bener2 membuat aq lega apalagi bersemangat. Ada juga tambah strezz aja kalo ngedengerin ayah. Heran aja aq, kaya ngga mau ngerti susahnya aq ini.

Aq sendiri ngga ada niatan memperlama skripsiku, tapi ada banyak hal yang membuat hal ini lama. If i wanna list it, there are 3 major reasons. Yang pertama masalah metpen, ini salah satu yang bikin gw stuck sampai sekarang. Harus kuakui bahwa perbedaan paradigma metpen yang aq dapatkan ketika kuliah dan sekarang cukup membuat aq repot tuk mempelajari metode kuantitatif. BElum lagi ngga ada orang yang bener2 bisa menjelaskan padaku caranya secara komprehesif semenjak ad n arif kerja di SBY. Masalah kedua yakni bahan skripsi. Kalo yang ini masih agak mendingan coz masih bisa aq usahakan, baik itu ke warnet ataupun ke perpus. Aq bahkan sampai daftar ke perpus pasca Ub buat jaga2 bahanku kurang n aq perlu nyari kesana. Yang ketiga yakni faktor dosen pembimbing. All I can say it really sucks to have a counselour like him (u know who i mean...).Dah ngga jelas mbimbingnya malah ninggal aq dalam kesesatan ini. Bukan aq mau melemparkan tanggung jawab ke dia, tapi sebel aja kok ada pembimbing macam dia, professor pula!!

Itu tadi hal2 yang menghambat skripsiku. Jelasnya ortu ngga mau tau, terutama ayah, terhadap masalah ku. Aq sih no problem, tapi tolong jangan desak aq lebih lanjut lagi. Aq sendiri ingin menjalani skripsi ini dengan pace ku sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak luar. Apalagi dengan adanya kejelasan dan kepastian bahwa aq harus melanjutkan ke S2 membuat aq semakin laid back dalam menjalankan ini. Lha, habisnya masa depan dah pasti, mending aq nyantai2 dulu pikir gw. Bukannya malas, tapi ngapain memperjuangkan masa depan kalo orang lain yag dah nentuin. Iya kalo aq yang bebas menentukan sendiri. Kadang aq bahkan bepikir, aq nih kuliah tuk aq sendiri ato tuk kepentingan ortu??jelasnya kalo boleh memilih aq pengennya yang pertama karena dengan begitu aq dapat menentukan sendiri masa depanku. Apa daya sepertinya lebih mengarah ke yang kedua. Sampai sempet kepikiran aq ini kuliah hanya tuk gengsi ortuku saja. Aq mengatakan hal ini bukan tanpa alasan. Pengalaman si lim beberapa bulan lalu dah cukup memberikan bukti nyata bagaimana rupanya keinginan ortu gw terhadap anak2nya. Cenderung lebih mementingkan gengsi semu daripada jeritan hati dan keinginan anak2nya. Padahal ini hidup kita. Kenapa tidak boleh kita warnai sendiri warna hidup kiat sesuai hati nurani dan keinginan kita sendiri?????

Sorry bout the blabbering. Seperti agak kelewat batas. Back to track. Ya tadi itu masalah (terbaru) skripsi gw. But, my life isn't just bout that. Masih banyak lagi yang bisa kita bahas.Ah, aq baru inget. Ada berita n kabar menggemparkan terkait internet. Kalo ngga salah ada gempa yang kena Taiwan pada kurang lebih 7,1 skala richter (if i'm not wrong). Yang bikin masalah ternyata gempa itu menyebabkan jaringan kabel fiber optic di dasar laut rusak. So, the result is rusaknya infrastruktur internet tuk kawasan asia sampai kira2 60%-70%. Di Indo sendiri hasilnya terlihat dengan lambatnya mengakses situs2 LN. Kalo lokal sih ngga masalah selama servernya disini. Kalo dah gini keadaannya, bagi gw ada beberapa dampak. Yan pertama...alamat ngga bisa donlot lagi. Kalopun bisa, aq perkirakan bakal jauh lebih lemot dari biasanya. Yang kedua, kalopun bisa ngenet, terbatas hanya pada situs lokal. Luckily tadi aq nyoba ngenet dan rupanya sebagian besar2 situs2 favoritku masih bisa diakses kaya larco,detik,bolanews,plasa dan hidayatullah. Tuk narutofan n bleach7 aq nyoba sih bisa, hanya saja belum tak coba donlot. Moga2 aja keadaannya ngga separah bayangan gw. Coz bisa2 puasa donlot selama sebulan nih. Atau jangan2 skripsi gw selesai baru bisa donlot. Aduuuhh, jangan selama ituuuu.......So because of that, like i said b4, mungkin bakal lama ngga ngepost blog. Walo aq sendiri secara berkala nulis di kompie gw tapi kalo ngga bisa di upload ya mau gimana. Masalahnya blogger.com kucoba buka n rupanya lamaaa banget bukanya.

Lat thoughts, karena mau tahun baru, jadinya ini bakal jadi post terakhir tuk tahun ini. Ngga kerasa dah kurang lebih 3 bulan sejak aq mulai nulis blog. Jujur aja, sedikit banyak bisa mengurangi strezzku n mencurahkan isi hatiku. See ya next year!!!

No comments:

Post a Comment